Imersi

Diposting: 0000-00-00 00:00:00 . Dibaca : 6956 kali

Program Immersi


A. Latar Belakang

Lemahnya penguasaan bahasa Inggris pelajar kita pada tingkat functional, informational dan epistemic membuat mereka merasa canggung dan tidak percaya diri untuk mengahadapi era globalisasi. Teknologi informasi, komunikasi dan perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat cepat tidak lepas dari bahasa Inggris sebagai bahasa yang digunakan untuk berkomunkasi secara internasional. Bahasa Inggris menjadi hambatan bagi mereka untuk bersaing di tingkat internasional. Untuk mengatasi hal ini maka pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan pemerintah daerah Kabupaten Banyumas melalui SMP Negeri 2 Purwokerto menyelenggarakan program kelas imersi. Dengan program ini diharapkan masalah kebahasaan bisa diatasi secara bertahap untuk membekali generasi muda kita khusunya siswa SMP negeri 2 Purwokerto bisa “survive” dalam persaingan internasional.

Lemahnya penguasaan bahasa Inggris pelajar kita pada tingkat dan membuat mereka merasa canggung dan tidak percaya diri untuk mengahadapi era globalisasi. Teknologi informasi, komunikasi dan perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat cepat tidak lepas dari bahasa Inggris sebagai bahasa yang digunakan untuk berkomunkasi secara internasional. Bahasa Inggris menjadi hambatan bagi mereka untuk bersaing di tingkat internasional. Untuk mengatasi hal ini maka pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan pemerintah daerah Kabupaten Banyumas melalui SMP Negeri 2 Purwokerto menyelenggarakan program kelas imersi. Dengan program ini diharapkan masalah kebahasaan bisa diatasi secara bertahap untuk membekali generasi muda kita khusunya siswa SMP negeri 2 Purwokerto bisa “ dalam persaingan internasional.

B. Dasar Hukum

  1. Undang-undang no 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Surat Edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah No 420/2004 tgl 16 Febr. 2004 ttg Perijinan Pembukaan Sekolah Nasional Plus.

C. Ruang Lingkup

Kelas imersi adalah suatu kelas yang menggunakan pengantar bahasa asing  dalam kegiatan belajar mengajarnya. Kelas imersi yang diterapkan di SMP Negeri 2 Purwokerto adalah kelas imersi bahasa Inggris. Ini berarti kegiatan belajar mengajar di kelas imersi SMP Negeri 2 Purwokerto menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam kegiatan belajar mengajar. Sesuai dengan artinya “immerse” maka diharapkan para siswa terlarut atau mencelupkan dirinya dalam suasana berbahasa Inggris  selama mengikuti pembelajaran dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari di luar kelas sehingga bahasa Inggris sebagai bahasa asing pertama di Indonesia tidak asing lagi bagi para siswa.

Kelas imersi adalah suatu kelas yang menggunakan pengantar bahasa asing  dalam kegiatan belajar mengajarnya. Kelas imersi yang diterapkan di SMP Negeri 2 Purwokerto adalah kelas imersi bahasa Inggris. Ini berarti kegiatan belajar mengajar di kelas imersi SMP Negeri 2 Purwokerto menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam kegiatan belajar mengajar. Sesuai dengan artinya “ maka diharapkan para siswa terlarut atau mencelupkan dirinya dalam suasana berbahasa Inggris  selama mengikuti pembelajaran dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari di luar kelas sehingga bahasa Inggris sebagai bahasa asing pertama di Indonesia tidak asing lagi bagi para siswa.

D. Maksud dan Tujuan

Penyelenggaraan program kelas imersi mempunyai maksud :
  1. Menambah kuantitas dan kwalitas layanan kepada siswa.
  2. Menciptakan kelas bernuansa bahasa Inggris.
  3. Memperkenalkan siswa dengan buku-buku pengetahuan berbahasa Inggris.
  4. Membekali siswa dengan bahasa Inggris yang berterima
  5. Meningkatkan mutu sumber daya manusia

Dengan maksud tersebut di atas maka tujuannya adalah sebagi berikut:

  1. Meningkatkan mutu lulusan.
  2. Mengembangkan keterampilan bahasa Inggris siswa.
  3. Membantu siswa mentransfer ilmu pengetahuan yang ditulis dalam bahasa Inggris.
  4. Melatih siswa mengungkapkan perasaan, ide dan hasil pemikirannya dalam bahasa Inggris.
  5. Mempermudah siswa dalam mengikuti perkembangan teknologi informasi.
  6. Meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam pergaulan internasional.
  7. Membekali siswa dalam bersaing dengan bangsa lain.
SMPN 2 PURWOKERTO © 2012